PEMODELAN GEDUNG UNIVERSITAS SERANG RAYA BERBASIS VIRTUAL TOUR

Ahmad Dedi Jubaedi

Abstract


UNSERA memiliki gedung yang terdiri dari fakultas, akademik, perpustakaan dan lembaga. Banyaknya fasilitas terutama ruang perkuliahan membuat mahasiswa/i baru atau tamu kesulitan dalammenemukan denah ruangan, dan fasilitas di dalamnya, sedangkan flowcart denah saja, gambarnya tidak bisa lebih hidup. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat pemodelan gedung UNSERA dengan teknik virtual tour, menggunakan aplikasi open source seperti Blender, Sweet Home 3D, Unity 3D, perancangan nya terbagi menjadi 3 : 1. Pra Produksi, 2. Produksi dan 3. Pasca Produksi. Vitual tour dipilih karena kelebihannya dalam mendeskripsikannya suatu objek bangunan 3 Dimensi (3D).
Peneltitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, wawancara, observasi, studi literatur, populasi penelitian 31 responden. Penelitian dilakukan di Universitas Serang Raya, di mulai pada bulan April tahun 2016 dan selesai pada bulan juli tahun 2016. Hasil dari penelitian pemodelan gedung Universitas Serang Raya menggambarkan denah ruangan dan fasilitas yang ada di dalamnya menjadi lebih hidup. Pembuatan dan perancangan pemodelan gedung Universitas Serang Raya telah berhasil dilakukan dari mulai lantai satu, lantai dua dan lantai ground. Hasil dari penyajian data hasil kuesioner yang telah dilakukan adalah aspek rekayasa perangkat lunak, aspek fungsionalitas, aspek komunikasi visual, user acceptance test.

Kata Kunci : Pemodelan Gedung, Universitas Serang Raya (UNSERA), Virtual Tour.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adnin, S.N. et al. 2016. Pembuatan Aplikasi Catalog 3D Desain RumahSebagai Sarana Promosi Dengan Menggunakan Unity 3D. LontarKomputer VOL. 7. NO. (1).

Hartono, Jogiyanto. 2001. Alat Bantu Desain Sistem Informasi PendekatanTerstruktur Teori Dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

H.W, Wulur. et al. 2015. Aplikasi Virtual Tour Tempat Wisata Alam diSulawesi Utara. E-Journal Teknik Informatika. Vol. 6. No.(1).

Irawati, D.A. 2015. Media Informasi Sejarah Virtual Tour 3D CandiSingosari Kabupaten Malang. Jurnal Teknik.Yogyakarta.

K.M, Mulyono, dan Al-Fatta, Hanif. 2012. Pembuatan game labirin denganmenggunakan Blender 3D. Jurnal Dasi. Vol. 13 No.(2).

Kriyantono, Rachmat. 2008. Riset Komunikasi. Jakarta.

Mizaanatul, Nurul. 2013. Prototype Virtual Tour Museum Pada E-Supermuseum Untuk Mengenalkan Budaya Batik Jawa Tengah Dan DIY.

M.I, Ghazali. et al. 2015. Pengembangan Peta Interaktif Tiga Dimensi Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember MenggunakanUnity 3D Engine. Jurnal Teknik ITS. Vol.4. No.(1).

Pradiptojati, Damar, et al. 2014. Rancang Bangun Peta Virtual 3D Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember denganUnity3D Engine. Jurnal Teknik Pomits Vol. 3. No. (2).

R.A, Fatchur, et al. 2014. Visualisasi Objek Dimensi Tiga Pada VirtualTouring Panorama 360.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UniversitasSebelas Maret.

Wahana Komputer. 2014. Mudah membuat game 3 dimensi menggunakanUnity 3D. Yogyakarta: ANDI.

W.N, Utomo. et al. 2014. Aplikasi Virtual Tour 3D Pabrik PT.X. JurnalInformatika. Vol. 12. No.(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v3i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.