RANCANG BANGUN PURWARUPA APLIKASI ELECTRONIC POINT OF SALES (EPOSAL) BERBASIS WEB PADA MINA ALUMUNIUM

Adi Fajaryanto Cobantoro

Abstract


Pesaingan dalam dunia perdagangan saat ini semakin ketat. Ketatnya persaingan ini membuat para pelaku usaha berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya. Pelanggan akan memilih pedagang dengan pelayanan yang tanggap dan cekatan. Salah satunya yaitu dengan tersedianya informasi stok barang yang akurat. Mina Alumunium merupakan salah satu pelaku usaha dalam bidang penjualan dan pembuatan perabotan rumah tangga yang berbasis alumunium yang berlokasi di kota Madiun. Banyaknya jenis barang yang dijual oleh Mina Alumunium memberikan kendala tersendiri dalam pengelolaan informasi stok barang. Salah satu kendala tersebut yaitu kurangnya informasi mengenai kekosongan stok barang pada jenis barang tertentu. Hal ini berimbas pada menurunnya omset yang diterima oleh Mina Alumunium. Permasalahan tersebut dapat dipecahkan dengan menerapkan system EPOSAL (Electronic Point of Sales) pada proses bisnisnya. Setiap transaksi, baik penjualan maupun pembelian akan langsung di catat dalam sistem EPOSAL. Hal ini berdampak apabila ada jenis barang dengan stok menipis dapat diketahui oleh pihak stakeholder. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan Toko Mina Alumunium.
Kata kunci:electronic point of sales, alumunium, web, penjualan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. Dian, H. Permana, F. Telematika, U. Trilogi, and U. M. Language, Analisa Dan Perancangan Aplikasi Point of Sale ( Pos ) Untuk Mendukung Manajemen Hubungan Pelanggan, J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 2028, 2015.

S. Oei and A. Ashari, Rancang Bangun Fault Tolerance pada Sistem Database untuk Aplikasi Point Of Sale, IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 5, no. 2, 2011.

A. Sugiarto and S. Hansun, Rancang Bangun Aplikasi Peramalan Laba dengan Metode Kuadrat Terkecil Berbasis Android ( Studi Kasus : PT Tri Panji Gemilang ), ULTIMATICS, vol. VII, no. 2, pp. 125130, 2015.

R. Susanto, A. D. Andriana, R. Susanto, and A. D. Andriana, PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DAN PROTOTYPING, Maj. Unikom, vol. 14, no. 1, pp. 4146, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v3i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.