PENENTUAN TEMBAKAU BERKUALITAS MENGGUNAKAN FUZZY AHP

Kuzairi Kuzairi, Faisol Faisol, Titin Pramiswari

Abstract


Tembakau adalah produk pertanian yang diproses dari daun tanaman yang digunakan sebagai bahan baku utama rokok. alasan penulis meneliti tembakau karena tembakau termasuk salah satu komoditas dengan manfaat ekonomi yang tinggi juga manfaat sosialnya pun sangat dirasakan. Penelitian di sini adalah untuk menentukan kualitas tembakau dari beberapa kriteria dan alternatif. Oleh karena itu dilakukan perankingan dengan menggunakan metode FAHP, sehingga dari hasil penelitian ini didapat hasil perankingan dari setiap alternatifnya. Ranking pertama terdapat pada alternatif pertama yaitu cangkreng, yang kedua yaitu alternatif kedua yaitu malateh, yang ketiga terdapat pada alternatif keempat yaitu bojonegoro dan yang terakhir pada alternatif ketiga yaitu mores.

Kata kunci: Fuzzy AHP, Logika Fuzzy, Tembakau.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Putra, D. A. (2013). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Tembakau Indonesia Ke Jerman . In Skripsi (p. 1). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Pertiwi, D. S. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produksi Tembakau Rakyat. In Skripsi (pp. 8-9). Ponogoro: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Ponogoro.

Kusumadewi. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Jakarta: Graha Ilmu.

Hermawan, T. (2013). Penerapan Fuzzy AHP Untuk Menentukan Siswaq Teladan Tingkat SMA. In Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Noswantoro.

Santoso, T. (2001). Tata Niaga Tembakau Di Madura. Jurnal Menejemen Dan Kewirausahaan vol 3 , 96,97,100.

Ardiyanto, R. D., Anggraeni, W., & Kusumawardani, R. P. (2011). Penerapan Fuzzy AHP Pada Sistem Penilaian Pegawai Di Rumah Sakit ONkologi Surabaya. In Skripsi (pp. 3-4). Surabaya: Fakultas Tekhnologi Informasi, ITS..

Kriswinarso, R. (2016). Sistem Pandukung Keputusan Pemilihan Petis Madura Yang Berkualitas Dengan Menggunakan Metode Fuzzy AHP. In Skripsi (pp. 15-16). Pamekasan: Fakultas Tekhnologi Informatika Universitas Islam madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v3i2.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.