KUALITAS JASA SEBAGAI MEDIATOR STRATEGI LOKASI, STRATEGI PROSES DAN DESAIN JASA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA(i) DI GICI BUSINESS SCHOOL BATAM

Tining Haryanti, Winarno Winarno

Abstract


Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Kualitas Jasa sebagai Mediator Strategi Lokasi, Strategi Proses Dan Desain Jasa Terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) Gici Business School Di Kota Batam. Subyek penelitian adalah mahasiswa(i) Gici Business School Batam dari jurusan manajemen angkatan tahun 2010 sampai 2013. Responden dalam penelitian ini sebanyak 313 responden. Pengambilan sample yang digunakan menggunakan acuan Tabel Isaac dan Michael dalam [1]. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi software Analysis Moment of Structure (AMOS) dan Special Package for Statistic Science (SPSS).
Berdasarkan analisa Regression Weights hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Lokasi sebagai prediktor positif terhadap Kualitas Jasa (2) Strategi Proses sebagai prediktor positif terhadap Kualitas Jasa (3) Desain Jasa sebagai prediktor positif dan significant terhadap Kualitas Jasa (4) Strategi Lokasi sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (5) Strategi Proses sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (6) Desain Jasa sebagai prediktor positif dan significan terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (7) Kualitas Jasa sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i). Variabel Desain Jasa sebagai prediktor paling besar terhadap Kualitas Jasa dengan nilai pengaruh (direct effects) 0.626 probabilitas 0,002 dan Kepuasan Pelanggan dengan total pengaruh (total effects) yaitu 0.701 diikuti oleh Variabel Strategi Proses dan Strategi Lokasi. Angka Square Multiple Correlation menunjukkan bahwa 83,9% Variabel Kualitas Jasa dipengaruhi oleh Variabel Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa, sedangkan sisanya sebesar 16,1% dijelaskan oleh Variabel lain diluar ketiga Variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan 87,1% Variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Variabel Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa dan 12,9% dijelaskan oleh Variabel lain diluar ketiga Variabel yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa pihak manajemen Gici Business School harus lebih menekankan agar Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa tetap terjaga, karena ketiga Variabel tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan dan Desain Jasa memegang peranan yang paling besar dalam mempengaruhi Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan (mahasiswa(i)) Gici Business School. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai acuan oleh pihak manajemen Gici Business School untuk meningkatkan kinerja Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan berdasarkan 20 indikatornya.
Kata kunci : Strategi Lokasi, Strategi Proses, Desain Jasa, Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nupikso, G. (2010). Panduan Mata Kuliah Workshop Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gici. (2012). Flyer. Batam: Gici.

Joko Setiawan, S. (2013). Data Akademis. Batam: Gici.

Heizer, J. &. (2011). Operation Management (Tenth Edition). New Jersey : Pearson Education Inc.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Taylor, R. (2011). Operations Management: International Student Version. Hoboken: John Wiley & Sons (Asia) Pte Ltd.

Heizer Jay, B. R. (2006). Operations Management edisi tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, M. (2004). Manajemen Mutu Terpadu. Edisi Revisi. Bogor: Ghalia Indonesia

Susan Meyer Goldstein, P. T. (2002). The effect of location, strategy, and operations technology on hospital performance. Journal of Operations Management, 63-75.

Ibrahim, I. I. (2013). Pengaruh Strategi Lokasi dan Tata Letak terhadap Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus : Astra Biz-Center Bandung). Bandung: Institut Manajemen Telkom Bandung, Indonesia.

Setiyawati, A. (2009). Tesis : Studi Kepuasan Pelanggan untuk Mencapai Loyalitas Pelanggan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen,. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model Model Rumit Dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Universitas Diponegoro.

Santoso, S. (2012). Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v3i2.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.