APLIKASI ANDROID DAN MIKROKONTROLLER ARDUINO PADA KONTROL SMARTHOME DENGAN KOMUNIKASI BLUETOOTH

Kurnia Agung Pamungkas, Triuli Novianti, Abdul Aziz

Abstract


Kemajuan teknologi elektronik dan informatika sangat membantu dalam pengembangan sistem keamanan dan kontrol yang handal dan mudah digunakan. Salah satunya adalah Smarthome. Smarthome adalah sebuah ide gagasan yang berarti rumah pintar dimana dapat dikontrol dengan smartphone, dalam kasus ini Android dengan peralatan yang diatur oleh mikrokontroler. Dari kemudahan menjalankan dan menjamurnya smartphone di kalangan masyarakat, maka munculah ide gagasan penerapan aplikasi Android dan komponen mikrokontroller sebagai kontrol Smarthome dengan komunikasi Bluetooth. Tujuan penelitian ini adalah membuat suatu prototype sistem Smarthome menggunakan kontrol smartphone Android melalui koneksi bluetooth yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi permasalahan sistem kontrol dalam hal kenyamanan. Hasil penelitian ini berupa Aplikasi ini merupakan aplikasi control rumah cerdas melalui perangkat Android yang diterapkan pada sebuah prototype rumah cerdas dengan ruang lingkup kontrol lampu, kipas, dan motor (gerbang). Dengan menggunakan Bluetooth HC-06, jarak transfer (jarak pengguna Android terhadap rangkaian kontrol) rata-rata yang baik adalah 10 m maksimal 15 m. Diatas angka tersebut kontrol akan terganggu dan bahkan tidak berfungsi.

Kata Kunci : Aplikasi, smarthome, arduino, bluetooth

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


D. Bregman, R. Blvd, and R. Lezion,Smart Home Intelligence - The eHome that Learns, Int. J. Smart Home Smart Vol.4, No.4, vol. 4, no. 4, pp. 3546, 2010.

Irawan, Membuat Aplikasi Android Untuk Orang Awam. Palembang: Maxikom, 2012.

Sumardi, Mikrokontroler Belajar AVR Mulai dari Nol. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Supardi, Yuniar, Sistem Operasi Andal Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2012.

Syahwil, Muhammad, Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino. Andi, 2013.

Kusuma, Hendra, Rancang Bangun Pengendalian Komunikasi Serial Modem Menggunakan Mikrokontroler Sebagai Alat Kontrol Jarak Lampu Penerangan. Skripsi. STMIK Atma Luhur. Pangkalpinang, 2013.

Cerdas, Gerai. Bluetooth Module HC-06.http://www.geraicerdas.com/produk-terbaru/bluetooth-module-hc-06-detail. 10 Maret 2016.

Budianto, A. 2012. Aplikasi E-Learning Berbasis Web Untuk Kelas 1 SMP(Studi Kasus SMP Negeri 1 Larangan), Tugas Akhir. Teknik, Univ.Trunojoyo Madura. Bangkalan.

SBMPTN. 2014. https://sbmptn.or.id/ diakses tanggal 29 November 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v2i3.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.