IMPLEMENTASI METODE ANFIS-MINKOWSKI UNTUK IDENTIFIKASI BIOMETRIK IRIS MATA MENGGUNAKAN IMAGE PROCESSING

Busro Akramul Umam, Sunaryo Sunaryo, Erni Yudaningtyas

Abstract


Biometrik adalah salah satu bidang yang berkembang sangat pesat untuk identifikasi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi identifikasi biometrik iris mata manusia menggunakan metode ANFIS-Minkowski dengan memanfaatkan image processing yang mampu memperbaiki tingkat akurasi identifikasi yang hanya dilakukan dengan metode ANFIS saja. Sistem ini dapat melakukan pengidentifikasian pada area iris tertentu, kemudian dilakukan proses color feature extraction (ekstraksi fitur warna) dan dengan mengimplementasikan ANFIS-Minkowski , fitur-fitur warna yang dianalisa dibandingkan dengan database sehingga dapat dikenali siapa pemiliki iris tersebut. Dari hasil penelitian, sistem ini mampu mengindentifikasi iris mata dengan ketelitian sampai 91.43% untuk proses cropping citra iris secara acak dan menghasilkan akurasi 100% untuk identifikasi dengan proses cropping dengan ukuran tetap. Teknologi ini memberikan sebuah alternatif solusi yang relatif lebih stabil dan aman untuk sebuah mekanisme identifikasi maupun proteksi dalam kemananan sistem.

Kata kunci : Biometrik, Color Feature Extraction, Image Processing, ANFIS-Minkowski

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Angayarkkani dan Radhakrishnan, (2011), An Effective Technique to Detect Forest Fire Region Through ANFIS with Spatial Data, Computer Science and Information Security, hal. 24-30.

Civicioglu, P., (2007) Using Uncorrupted Neighborhoods of the Pixels for Impulsive Noise Suppression With ANFIS, IEEE TRANSACTIONS ON IMAGE PROCESSING, hal. 759-773.

Rina Candra Noor Santi, Identifikasi Biometrik Sidik Jari dengan Metode Fraktal, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume XIII, No.1, Januari 2008 : 68-72 (diakses, 29 Juni 2016).

Daugman., J.( 2002), How iris recognition works. IEEE Transactions On Circuits And Systems For Video Technology, Vol. 14, No. 1. Diakses tanggal 13 Juli 2016

Kadir, A. dan Susanto, A (2012). Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v2i3.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.