PENERAPAN METODE REGRESI LINEAR UNTUK MEMPREDIKSI HARGA JUAL MOBIL BEKAS YARIS DAN JAZZ PADA WILAYAH DKI JAKARTA

Pratiwi Susanti, Kelik Sussolaikah

Abstract


Baru-baru ini jumlah tingkat kebutuhan seseorang untuk mendapatkan sebuah prestise  khususnya untuk kalangan menengah terus bertambah. Salah satu usaha untuk meningkatkan prestise dilingkungan sekitarnya adalah memiliki sesuatu barang yang mewah yaitu mobil. Mereka berlomba-lomba untuk bersaing mencari mobil yang menurut mereka terbaik. Pertumbuhan pasar mobil bekas juga diperkuat dengan perkembangan transportasi berbasis teknologi jaringan daring, seperti Grabcar dan Go-Car. Para pemilik mobil yang menjadikan kendaraannya sebagai sarana transportasi berbasis daring seperti Grabcar akan menjualnya ketika tidak lagi membutuhkannya. Selain itu, ekspansi penjualan kendaraan bekas oleh diler ke daerah juga akan membuat pasar mobil bekas terus membesar di masa-masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah variabel-variabel seperti tahun pembuatan, jenis-kepemilikan, jumlah kilometer, CC mesin, kondisi mesin dan tipe mobil dapat menambah nilai jual pada mobil yaris  bekas tersebut. Berdasarkan hasil analisisnya diperoleh kesimpulan bahwa usia pakai, dan warna mobil memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap nilaiajual. Diperoleh nilai R2 dari kedua jenis mobil yaris dan jazz sebesar 83,6% dan 69,2% .


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


D. K. Pane, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Kreditplus ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. valume : I, pp. 25–29, 2013, doi: 2301-9425.

F. Setiawan, W. D. Nugroho, and D. Purwaningrum, “Program Studi Teknik Industri Jurusan Teknik Mesin dan Industri FT UGM RO-35 Penentuan Harga Jual Mobil Bekas dengan Mempertimbangkan Harga Baru, Harga Bekas, Kondisi Mobil, dan Harga Bekas Produk Sejenis Merk Lain Menggunakan Fuzzy Logic,” pp. 35–43, 2015.

J. A. Bisnis, V. Ix, N. Iv, J. A. Bisnis, V. Ix, and N. Iv, “Pembelian Mobil Merek Toyota Avanza Pendahuluan,” vol. IX, no. Iv, pp. 609–616.

F. Ekonomi, U. Garut, and N. Sonani, “Jurnal Wacana Ekonomi Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan.”

J. M. Ekonomi, “Dalam Pembelian Mobil Bekas Di Showroom Agung Jaya Motor Kota Lubuklinggau Dosen & Alumni Program Studi Manajemen STIE Musi Rawas , Lubuklinggau,” vol. 23, no. 1, 2018.

A. A.-F. Nur Wahyudin, A. Primajaya, and A. S. Y. Irawan, “Penerapan Algoritma Regresi Linear Berganda Pada Estimasi Penjualan Mobil Astra Isuzu,” Techno.Com, vol. 19, no. 4, pp. 364–374, 2020, doi: 10.33633/tc.v19i4.3834.

D. P. Pamungkas, “Implementasi Metode Least Square Untuk Prediksi Penjualan Tahu Pong,” J. Ilm. NERO, vol. 2, no. 2, pp. 75–81, 2016.

Zulian, Manajemen Kualitas Jasa dan Produk, Edisi 1. Jakarta: Indeks, 2010.

J. B. Mandey, “Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild,” Promosi, Distrib. Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, vol. 1, no. 4, p. 9, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

M. Guntur, J. Santony, and Y. Yuhandri, “Prediksi Harga Emas dengan Menggunakan Metode Naïve Bayes dalam Investasi untuk Meminimalisasi Resiko,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 354–360, 2018, doi: 10.29207/resti.v2i1.276.

R. Lipsey, Pengantar Mikroekonomi. Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.

S. Y. Fraticasari, D. E. Ratnawati, and R. C. Wihandika, “Optimasi Pemodelan Regresi Linier Berganda Pada Prediksi Jumlah Kecelakaan Sepeda Motor Dengan Algoritme Genetika,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 5, pp. 1932–1939, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

S. Aprilyanti, “Pengaruh Usia dan Masa Kerja Terhadap Produktivitas Kerja,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 2, p. 68, 2017.

I. Firdiyansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung,” J. Elektornik, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2017.

A. Q. Sari, Y. L. Sukestiyarno, and A. Agoestanto, “Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear,” Unnes J. Math., vol. 6, no. 2, pp. 168–177, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v7i2.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pratiwi Susanti, Kelik Sussolaikah

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.