DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN PERANGKAT KERAS PERSONAL KOMPUTER

Mariana Purba

Abstract


Perkembangan teknologi membawa dampak terhadap proses pembelajaran pada dunia pendidikan beberapa aplikasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran seperti ELearning, Zoom, Google Classroom dan lain sebagainya, dengan kondisi pandemic covid-19 mengharuskan peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran tanpa harus bertatap muka dengan tenaga pengajar hal ini dilakukan dengan memanfaatkan akses jaringan namun terdapat beberapa permasalahan yang terjadi seperti buruknya konektivitas jaringan sehingga membuat peserta didik tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, hal ini membuat tenaga pengajar harus mampu berinovasi agar materi pembelajaran yang akan disampaikan dapat diberikan dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perancangan multimedia interaktif sebagai sarana pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran serta dapat diakses tanpa harus memiliki kuota internet. Metodologi yang dipergunakan untuk perancangan multimedia menggunakan pendekatan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan hasil penelitian berupa aplikasi multimedia yang dipergunakan untuk proses pembelajaran pengenalan perangkat keras pada personal komputer hal ini dirasakan sangat baik oleh peserta didik untuk menumbuhkan motivasi belajar dan memperdalam ilmu pengetahuan terkait dengan materi pembelajaran yang diberikan dengan tercapainya kompetensi inti melalui multimedia interaktif.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


F. Armansyah, Sulton, and Sulthoni, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi,” J. Kaji. Teknol. endidikan, vol. 2, no. 3, pp. 224–229, 2019.

G. Ngurah, S. Nugraha, I. M. Tegeh, and I. K. Sudarma, “Pengembangan Multimedia INteraktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah dasar negeri 1 Paket Agung,” J. Edutech, vol. 7, no. 1, pp. 12–22, 2019.

M. Istiqlal, “Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 2, no. ISSN 2502-8391, 2019.

T. A. Dewi, “Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah,” J. Pendidik. Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2015.

I. bagus KT.trinawindu, A. kumala Dewi, and E. tri Narulita, “Multimedia Interaktif Untuk Proses Pembelajaran,” Prabangkara, vol. 19, no. 1412–0380, pp. 35–42, 2016.

D. Priyanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer,” J. Pemikir. Altern. kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 1–13, 2009.

Zulhemi, Adlim, and Mahidin, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 05, no. 01, pp. 72–80, 2017.

A. Fatoni and P. D. Kuraesin, “Rancang Bangun Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Terpadu Untuk Siswa Smpn 5 Kota Serang,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 2406– 7768, pp. 47–50, 2015.

A. Setiawan, T. Setiyaningsih, and T. Triwibowo, “Perancangan Mobile Application Berbasis Android Untuk Menunjang Kemampuan Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Paud,” Netw. Eng. Res. Oper., vol. 4, no. 1, pp. 37–45, 2018, doi: 10.21107/nero.v4i1.110.

W. Kurniawati, K. Ismatulloh, and Y. N. Kholisho, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas x TKJ,” J. Pendidik. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 74–83, 2018.

I. Diah and S. Nita, “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa,” J. Comput. Inf. technlogy, vol. 1, no. 2, pp. 68–75, 2018.

Zarkasi and A. Taufik, “Implementasi Pembelajaran Fikih berbasis Multimedia Interaktif Macro-Enabled untuk meningkatkan keaktifan siswa,” J. Pendidik. Agama Islam, vol. 7, no. 2, 2019.

L. Marlisa and S. Purnama, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Salat Untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Penelit., vol. 12, no. 1, pp. 403–426, 2018.

Nopriyanti and P. Sudira, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi dasar Pemasangan Sistem Penerangan dan Wiring Kelistrikan Di SMK,” J. Pendidik. Vokaso, vol. 5, no. 1, 2015.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction ( Cai ),” vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v6i1.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Network Engineering Research Operation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.