PENERAPAN METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT PADA ANAK

Eka Mala Sari Rochman

Abstract


Kesehatan anak merupakan hal yang patut kita perhatikan serta membutuhkan penanganan tepat, karena hal ini juga tergantung dari kondisi anak tersebut. Namun, seringkali terjadi penanganan yang lambat hal ini dikarenakan terkendala jarak dari rumah ke rumah sakit dan keadaan sosial yang tidak mendukung. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah proses penanganan penyakit pada anak. Pada penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem diagnosis penyakit anak menggunakan metode Certainty Factor (CF). Metode CF ini merupakan salah satu metode dalam sistem pakar yang mana digunakan untuk memprediksi diagnosis penyakit anak dengan  mencocokan data gejala dan penyakit dari para ahli tentunya dalam hal ini adalah dokter anak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa metode CF pada diagnosa penyakit anak menghasilkan akurasi sebesar 80%.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


E. Dewi, S. Mulyani, and I. N. Restianie, “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Anak (Balita) Dengan Menggunakan metode Forward Chaining,” vol. 1, no. 1, pp. 6–7, 2012.

T. Harihayati and L. Kurnia, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Umum Yang Sering Diderita Balita Berbasis Web Di Dinas Kesehatan Kota Bandung,” 2012.

C. Wahyuni, S. Keman, and F. Fathi, “Peran Faktor Lingkungan dan Perilaku terhadap Penularan Demam Berdarah Dengue di Kota Mataram,” J. Kesehat. Lingkung. Unair, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2005.

R. Rismarini, Z. Anwar, and A. Merdjani, “Perbandingan Efektifitas Klinis antara Kloramfenikol dan Tiamfenikol dalam Pengobatan Demam Tifoid pada Anak,” Sari Pediatr., vol. 3, no. 2, p. 83, 2016.

R. N. Kurniawan. K and A. Yani, “Persepsi Masyarakat Terhadap Kerentanan Penyakit Diare Pasca Pelaksanaan Pesta Adat Kiki Sapu Dan Hambatan Terhadap Pencegahannya,” MPPKI (Media Publ. Promosi Kesehat. Indones. Indones. J. Heal. Promot., vol. 1, no. 2, pp. 58–62, 2018.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017.

W. U. Setiabudi, E. Sugiharti, and F. Y. Arini, “Expert System Diagnosis Dental Disease Using Certainty Factor Method,” Sci. J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 43–50, 2017.

M. Arifin, W. Eka, and Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau.”

H. T. Sihotang, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web,” J. Mantik Penusa, vol. 15, no. 1, pp. 16– 23, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v5i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Network Engineering Research Operation

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.