APLIKASI METODE FUZZY MAMDANI UNTUK PEMILIHAN TEBU BERKUALITAS PADA PRODUKSI GULA

S. Nurmuslimah

Abstract


Dewasa ini, kebutuhan masyarakat akan gula selalu meningkat pertahunnya, hal ini memaksa produksi gula nasional harus ditingkatkan. Namun pada kenyataannya produksi gula nasional tetap tak mampu menuruti permintaan atau konsumsi masyarakat, sehingga pemerintah terpaksa melakukan impor gula dari negara lain. Rendahnya produksi gula nasional disebabkan oleh berbagai faktor. Diantaranya, penurunan luas areal tanam, penurunan produktivitas lahan, rendahnya rendemen industri gula nasional, serta efisiensi pabrik gula yang masih rendah. Inefisiensi yang terjadi pada pabrik gula nasional indikasinya tampak pada kualitas pasokan bahan baku tebu (rendemen) yang masih rendah. Kualitas tebu seringkali menjadi menjadi kendala dalam proses produksi gula karena proses penentuan kualitas masih menggunakan metode konvensional. Untuk membantu mengatasi permasalahan penentuan kualitas tebu, maka peneliti membangun sebuah aplikasi yang mengimplementasikan Metode Fuzzy Mamdani untuk Pemilihan Tebu yang berkualitas pada produksi gula. Dalam menentukan kualitas tebu, digunakan logika fuzzy sebagai suatu cara untuk memetakan permasalahan dari input berupa variabel Kemanisan, Kebersihan dan Kesegaran dan diproses untuk mendapat output berupa variabel status kualitas tebu. Dari hasil pengujian dan analisa perhitungan menggunakan metode FUZZY MAMDANI didapatkan nilai akurasi sistem sebesar 60%. Hal ini terjadi karena kualitas yang didapat dari tempat survei masih mentolerir nilai ketidaksegaran karena yang diutamakan adalah berjalannya proses produksi daripada kualitas tebu yang akan diolah.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Supriyadi, Ahmad. (1992). “Rendemen Tebu dan Liku-Liku Permasalahannya”. Yogyakarta : Kanisius.

Suwarto, YukeOctavianty. (2012).” Budidaya 12 Tanaman Perkebunan Unggul”. Jakarta : Penebar Swadaya.

http://www.kppbumn.depkeu.go.id/Industrial_Profile/PK4/Profil%20Tebu- 1_files/page 0001.htm diakses tanggal 30 April 2014.

Mubyarto & Daryanti. (1991). “Gula Kajian Sosial-Ekonomi”. Yogyakarta : Aditya Media.

Kusumadewi, Sri. (2002). “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)”. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Turban, Efraim & Aronson, Jay E. (2001). “Decision Support Systems and Intelligent System (6th ed)”. Prentice Hall : Upper Saddle River, NJ.

Kusumadewi, Sri, & Hari Purnomo. (2010). “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan (Edisi 2)”. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v5i1.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Network Engineering Research Operation

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.