PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT MODEL CROWDSOURCING MENGGUNAKAN LAYANAN BERBASIS LOKASI (STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN GIANYAR)

I Made Sunia Raharja, Anak Agung Ketut Agung Cahyawan Wiranatha

Abstract


Teknologi Smart City yang memanfaatkan komunitas dalam jaringan, memungkinkan terciptanya kolaborasi dan peningkatan keterlibatan masyarakat. Model Crowdsourcing memberikan fasilitas penerimaan keluhan, umpan balik, usulan dan ide dari banyak orang kepada suatu organisasi. Dengan model Crowdsourcing pemerintah kota dapat menerima pengaduan, masukan dan saran secara kolektif dari masyarakat kota. Selama ini pengaduan masyarakat di kabupaten Gianyar masih menggunakan sistem yang sangat sederhana. Data-data yang diambil masih dalam bentuk teks yang kurang informatif sehingga menghambat koordinasi antar instansi terkait untuk menindaklanjuti masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat kota. Pengelolaan pengaduan masyarakat melalui Sistem informasi pengaduan masyarakat model Crowdsourcing menggunakan layanan berbasis lokasi dapat mengumpulkan data-data pengaduan masyarakat dengan lebih efisien dan lebih informatif karena dilengkapi data pendukung dalam bentuk media gambar dan koordinat lokasi.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anofrizen, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Program Keluarga Harapan Kota Pekanbaru ( Studi Kasus : Dinas Sosial Dan Pemakaman Kota Pekanbaru ),” Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 3(6): 97–101, 2017.

B. Bob, Content Management Bible. John Wiley & Sons, 2005.

B. Daren. “Crowdsourcing as a Model for Problem Solving: An Introduction and Cases.” Convergence 14(1): 75–90, 2008.

K. Paulsen, Moving Media Storage Technologies: Applications & Workflows for Video and Media, 2011.

Prasetya, D.Ramdhana, T. Domai, L.I. Mindarti. “Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang).” Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(1): 1151–58, 2013.

Rakhmawati, N. Aini. “City113: A Mobile Application to Improve Public Participation in Surabaya City Development for Better Governance.” Excellence Science in ASEAN, Vol.2, 2016.

R. Bar, Amin, dan M. Maheswaran, “Confidentiality and Integrity in Crowdsourcing Systems.” Springer Briefs in Applied Sciences and Technology: 25–37, 2014.

Susanto, T. Dwi, M. M. Diani, dan I. Hafidz, “User Acceptance of E-Government Citizen




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v5i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Network Engineering Research Operation

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.