SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TAMAN BACA MASYARAKAT PONDOK SINAU LENTERA ANAK NUSANTARA BERBASIS DIGITAL SYSTEM BOOK QR CODE

Setyorini Setyorini, Fransiska Sisilia Mukti

Abstract


Taman Baca Masyarakat (TBM), menjadi salah satu program pendidikan non formal yang dikembangkan oleh pemerintah dengan mengacu pada peraturan undang-undang mengenai Sistem Pendidikan Nasional. Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara (LENSA) merupakan salah satu TBM yang didirikan di daerah Kabupaten Malang sejak tahun 2015. Dengan jumlah buku yang mencapai 518 buku, didapati bahwa manajemen pelayanan peminjaman buku yang dilakukan di tempat ini belum teroganisasi dengan baik, karena masih dilakukan secara manual. Pemanfaatan teknologi informasi melalui digital system book QR Code menjadi salah satu jawaban bagi TBM Pondok Sinau LENSA untuk lebih meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan bagi pihak manajemen maupun masyarakat dalam mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Sebuah pengujian perangkat lunak black-box testing dilakukan untuk melihat fungsionalitas dari sistem yang dibangun. Selanjutnya, dilakukan penyebaran kuisioner untuk mengetahui nilai kemanfaatan sistem, dan didapati hasil bahwa adanya sistem informasi ini memberikan nilai manfaat dan dampak positif bagi perkembangan TBM, dengan nilai kepuasan sebesar 94,8%.

Kata kunci: TBM, QR Code, digital book system


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. A. Suwanto, “Analisis Literasi Informasi Pemakai Taman Bacaan Masyarakat,” J. Kaji. Inf. Dan Perpust., vol. 3, no. 1, pp. 89–100, 2015.

N. Sutarno, Membina Perpustakaan Desa. Jakarta: Sagung Seto, 2008.

I. P. Mulyani, “Peran Taman Bacaan Masyarakat Cerdas dalam Meningkatkan Minat Belajar Masyarakat di Desa Wringinagung Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan,” Semarang, 2016.

T. devi Indriasari and F. S. Rahayu, “Analisis dan Perancangan Layanan Perpustakaan UAJY Berbasis Mobile dengan Memanfaatkan QR Code,” Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2012.

M. R. Fitriyan, “Sistem Informasi Pengelolaan Perpustakaan Berbasis QR-Code,” 2017.

H. A. K. Wahid, “Otomasi Manajemen Transaksi pada Sistem Informasi Perpustakaan SLiMS menggunakan QR Code,” 2012.

E. P. M. Putuasduki, “Pemanfaatan QR Code Pada Perpustakaan Untuk Pemeringkatan , Peminjaman , dan Pemeliharaan Buku,” in Prosiding e-Indonesia Initiative Forum, 2015.

A. Prihanto and D. Fratrianto, “Pengembangan Aplikasi Terpadu untuk Meningkatkan Layanan dan Akses Mahasiswa terhadap Ruang Baca dengan QR Code,” J. Manaj. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2014.

Denso Wave Incorporated, “What is a QR Code?” [Online]. Available: https://www.qrcode.com/en/about/. [Accessed: 10-May-2019].

NN, “Mengenal QR Code,” 2000.

Wikipedia Contributor, “Black-box Testing,” 2019. [Online]. Available: https://en.wikipedia.org/wiki/Black-box_testing. [Accessed: 10-May-2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v4i3.135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.