ANALISIS QoS (Quality of Service) JARINGAN UNBK DENGAN MENGGUNAKAN MICROTIC ROUTER (Studi Kasus : Jaringan UNBK SMAN 1 Jakenan Pati)

Ratih Nindyasari, Alif Catur Murti, Muhammad Imam Ghozali

Abstract


Kebutuhan akan ketersediannya layanan jaringan yang cepat, kestabilan jaringan, dan kesesuaian dengan teknologi yang digunakan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Penggunaan teknologi pada zaman sekarang sudah menyentuh semua aspek kehidupan. Aspek pendidikan merupakan salah satu yang terkena dampak dari perkembangan teknologi, khususnya internet. Bentuk nyata dari dampak yang muncul adalah Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) di tahun 2017 untuk diadakannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kondisi tersebut membuat beberapa sekolah yang menjadi percontohan mempersiapkan diri dengan mulai membangun ruang ujian yang didesain dengan perangkat komputer dan jaringan internet. Penambahan router pada node awal dan menggunakan manajemen switch mengakibatkan adanya perbedaan dalam pengujian QoS. Dengan adanya penambahan router pada topologi jaringan UNBK ini menjadikan tidak adanya packet loss ketika dilakukan pengujian seperti pada desain topologi jaringan tanpa menggunakan router. Penggunaan server lokal dalam setiap lab memungkinan untuk membackup server yang ada di lab lain ketika terjadi kondisi server down. Sehingga desain topologi jaringan dengan menggunakan router ini dapat diimplementasikan dalam jaringan UNBK pada SMAN 1 Jakenan Pati.

Kata kunci : Topologi Jaringan, Quality of Service, UNBK, Router Mikrotik, Packet Loss.


Full Text:

PDF

References


BSNP, Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018, NOMOR: 0044/P/BSNP/XI/2017.

R. Wulandari, ANALISIS QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN INTERNET (STUDI KASUS : UPT LOKA UJI TEKNIK PENAMBANGAN JAMPANG KULON LIPI ), J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, pp. 162172, 2016.

Guterres, L, E, J., Triyono, J., Nurnawati, E, K.,, Perancangan Dan Pengembangan Jaringan Vlan Pada Dili Institute Of Technology (Dit) Timor Leste Menggunakan Packet Tracer, J.JARKOM, vol .1, no. 2, pp. 131-141, 2014.

A. Anjum and S. A. Pasha, ? A Brief View of Computer Network Topology for Data Communication and Networking ?, Int. J. Eng. Trends Technol., vol. 22, no. 7, pp. 319324, 2015.

Silitonga, P., Morina, I, S.,2014 "Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard", Jurnal TIMES, Vol III No 2 : 19-24

A. W. Azinar and R. S. Adi, ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) PADA WARNET DENGAN METODE HTB (HIERARCHICAL TOKEN BUCKET), J. Ilm. NERO, vol. 3, no. 1, pp. 4552, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v4i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Network Engineering Research Operation

Creative Commons License
NERO (Networking Engineering Research Operation) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.