PERANCANGAN MOBILE APPLICATION BERBASIS ANDROID UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK SISWA PAUD

Aji Setiawan, Timor Setiyaningsih, Triwibowo Triwibowo

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan agar membantu perkembangan, baik jasmani maupun rohani sehingga anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Perkembangan fisik dan motorik anak akan dapat terpenuhi secara baik dan optimal ketika telah terbiasa dengan berbagai aktivitas bermain, bergerak secara bebas dan leluasa yang dilakukan di pendidikan usia dini. Sistem pembelajaran pengenalan hewan, buah, warna dan angka yang diajarkan di PAUD Kenanga terdapat keterbatasan dalam penyampaiannya, misal pengenalan dengan menggunakan buku atau poster-poster kecil untuk memperlihatkan jenis-jenis hewan dan buah yang jarang didapatkan disekitar sekolah. Atas permasalahan tersebut dirancang sebuah sistem informasi yang memberikan model pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan membuat sebuah aplikasi mobile pengenalan hewan dan karakteristik hewan yang dilengkapi dengan animasi, gambar, dan suara agar anak pendidikan usia dini tertarik untuk belajar mengenal hewan dengan platform android SDK. Hasil pengujian sistem dan evaluasi ke pengguna berdasarkan kuesioner didapatkan hasil bahwa aplikasi dengan media smartphone yang telah dibangun dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa dengan adanya fitur bermain dan belajar.

Kata kunci : Aplikasi mobile, android SDK, PAUD, kognitif, psikomotorik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. Murti, Muhibbuddin, and C. Nurmaliah, Penerapan pembelajaran berbasis praktikum untuk peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik pada perkuliahan anatomi tumbuhan, J. Biol. Edukasi, Vol. 6, No. 1, pp 1-8, 2014.

A. Setiawan, Pengaruh penerapan remote electronic voting system (REVS) terhadap tingkat partisipasi pemilih menggunakan model UTAUT, J. Teknol. Terap., Vol. 3, No. 1, pp 1-6, 2017.

H. R. Esmaeel, Apply android studio ( SDK ) tools, Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Softw. Eng., Vol. 05, No. 5, pp 88-93, 2015.

F. Hartanto, H. Selina, Z. H, and S. Fitra, Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun, Sari Pediatr., 2011.

S. Balaji, Waterfall vs v-model vs agile : a comparative study on SDLC, waterfall vs v-model vs agile. a comp. study SDLC," Vol. 2, no. 1, pp. 2630, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v4i1.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.