ANALISA QoS (QUALITY OF SERVICE) PADA JARINGAN RT-RW NET DENGAN KENDALI RASPBERRY PI

Adi Fajaryanto Cobantoro

Abstract


Perkembangan RT RW Net saat ini meningkat pesat.Penyebaran akses internet pada RT RW Net dilakukan dengan memanfaatkan teknologi nirkabel melalui access point. Dengan banyaknya akses point maka penyebaran internet semakin luas, namun hal tersebut berdampak pada menurunnya bandwidth yang didapat oleh client. Hal ini disebabkan oleh alokasi bandwidth dari pihak provider terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan sebuah server proxy untuk menghemat bandwidth, salah satu dari proxy yang handal yaitu proxy squid. Server berupa komputer PC yang mempunyai ukuran yang besar, yang penempatannya membutuhkan ruang tersendiri. Raspberry Pi merupakan komputer mini yang performanya setara dengan komputer PC. Server dengan ukuran mini tentu akan mempermudah pemasangan pada pemancar acces point RT-RW net. Server mini dapat dibangun menggunakan Raspberry Pi sehingga akan lebih portable dalam penempatannya. Dilakukan pengukuran Quality of Service, yaitu packet loss, delay, jitter dan throughput pada proxy raspberry pi. Berdasarkan Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON), hasil analisa QoS Raspberry Pi termasuk kategori baik.

Kata kunci : raspberry pi, internet, server, network, proxy

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Wagito, Jaringan Komputer, Teori dan Implementasi berbasis Linux. Jakarta: Gava Media, 2007.

T. Ernawati, Analisis dan Pembangunan Infrastruktur Cloud Computing, J. Cybermatika, Vol. 1, No. 2, pp. 1723, 2013.

A. F. Cobantoro, Rekayasa Web Proxy Pada Komputer Mikro Untuk Keamanan Anak Dalam Berinternet, in Seminar Nasional dan Gelar Produk, 2017.

F. Masykur and J. Karaman, PENERAPAN WEB PROXY GUNA MENDUKUNG SISTEM, in Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika, 2016, pp. 158163.

R. Towidjojo, Mikrotik Kungfu Kitab 1. Jasakom.com, 2016.

Hareendran, Arduino and raspberry pi camera interface. [Online]. Available: www.electroschematics.com. [Accessed: 21-Jul-2017].




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v4i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.