PEMANFAATAN QR CODE UNTUK PEREKAMAN DATA KEHADIRAN SISWA TERINTEGRASI DENGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH SMK MAHARDIKA MALANG

Setyorini Setyorini, Jaenal Arifin

Abstract


Salah satu upaya peningkatan kedisiplinan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Mahardika Malang yaitu mewajibkan siswa untuk datang di sekolah tepat waktu. Disinilah sangat diperlukan kesadaran para peserta didik untuk mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku. Jika ada peserta didik yang tidak disiplin datang tepat waktu di sekolah yaitu terlambat datang di kelas, sementara peserta didik yang lain sudah mulai mengikuti proses pembelajaran di kelas, maka kedatangan peserta didik yang terlambat tersebut mengganggu jalannya pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti akan memberikan solusi untuk meminimalisir keterlambatan dengan pemanfaatan teknologi perekam kehadiran siswa menggunakan QR (Quick Respons) Code. Dengan adanya teknologi ini maka akan sangat membantu dalam pendeteksian siswa yang sering hadir terlambat dan dapat merekam data tersebut ke dalam database, sehingga wakil kepala sekolah bagian kemahasiswaan akan dapat dengan mudah mengevaluasi serta memantau kedisiplinan siswa. Hal ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa agar datang tepat waktu. Perekaman kehadiran siswa dengan QR code ini memberikan beberapa keuntungan kepada para penggunanya, baik untuk wakil kepala sekolah bagian kesiswaan maupun siswa SMK Mahardika, siswa dapat dengan mudah melakukan presensi atau perekaman kehadiran dengan menunjukkan dan mendekatkan kartu kehadiran (sudah dipasang QR code) pada PC (Personal Computer) di depan gerbang sekolah, sehingga dapat memotivasi siswa untuk datang tepat waktu. Perekam Kehadiran Siswa dengan QR code ini dapat terintegrasi dengan sistem informasi manajemen sekolah yang terdiri dari data siswa, jadwal sekolah (setiap matapelajaran siswa), daftar ketidakhadiran siswa, rekap presensi siswa dan pusat pengumuman penting untuk siswa. Sehingga dengan adanya integrasi ini, sistem menjadi lebih banyak memberikan manfaat untuk semua pihak, baik untuk wali siswa maupun SMK Mahardika Malang.


Kata kunci : Perekam Data Kehadiran, QR code, SMK Mahardika Malang.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Indriasari Th Devi & Rahayu Sapty Flourensia. Analisis dan Perancangan Layanan Perpustakaan UAJY Berbasis Mobile dengan memanfaatkan QR code. Penelitian Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. 2012.

Nuddin, M. Taqwa, dan Fitri, Diana. L, Sistem absensi Asisten Dosen Menggunakan QR code Scanner Berbasis Android Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria kudus, Prosiding SNATIF, Vol. 2, No. 1, 2015.

Ladjamudin Bin A. Analisa dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu. Yogyakarta. 2005.

Shalahudin, M dan Rosa, A.S., Modul Pembelajaran Rekayasa perangkat Lunak (terstrukstur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung, 2011.

Wahyunningrum, Tenia dan Dwi Januarita. Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa. Politeknik Caltex Riau. Jurnal Komputer Terapan, Vol 1, No. 1, pp. 57-66, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nero.v4i1.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.